Kamis, 19 Juli 2018

Apa itu kolesterol?

Kolesterol adalah zat berlemak, berlemak yang hadir di setiap sel tubuh dan dibawa dalam aliran darah. Kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh hati. Hati memproduksi kolesterol dalam tubuh. Sumber makanan (makanan yang berasal dari hewan) juga mengandung kolesterol. Kolesterol memainkan sejumlah peran dalam mempertahankan fungsi tubuh vital termasuk produksi hormon dan pencernaan.

Diet kolesterol berasal dari makanan yang berasal dari hewan, termasuk kuning telur, daging berlemak, unggas, susu, dan keju biasa. Gejala kolesterol tinggi adalah peningkatan kolesterol darah telah dikaitkan dengan komplikasi kesehatan yang serius, tetapi kolesterol tinggi biasanya tidak menghasilkan gejala atau tanda.

Karena itu, banyak orang tidak menyadari bahwa kadar kolesterol mereka tinggi. Dokter Anda dapat memberi tahu Anda seberapa sering kadar kolesterol Anda harus diuji.

Siapa pun dari segala usia dapat memiliki kadar kolesterol tinggi. Proses penumpukan kolesterol di arteri telah terbukti dimulai selama masa kanak-kanak. Dengan meningkatnya tingkat obesitas anak, semakin banyak anak-anak berisiko untuk mengembangkan tingkat kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Plak" adalah deposit kolesterol dalam pembuluh darah dan arteri. Istilah "plak" mengacu pada pengendapan kolesterol dan zat lain pada dinding pembuluh darah, akhirnya mengorbankan sirkulasi. Penyakit kardiovaskular terjadi ketika plak menyumbat arteri koroner yang memasok darah ke jantung. Penyumbatan total arteri koroner menyebabkan gangguan aliran darah ke jantung, atau serangan jantung. Pembekuan darah juga terbentuk di area plak dan dapat menghalangi arteri.

Serangan jantung dan stroke adalah kejadian serupa. Serangan jantung dan stroke melibatkan gangguan aliran darah ke organ karena penyumbatan di dalam arteri. Serangan jantung terjadi akibat arteri koroner yang tersumbat, sementara stroke disebabkan oleh penyumbatan arteri di otak.

Obat-obatan yang menurunkan kolesterol disebut statin. HMG-CoA reductase inhibitor, umumnya dikenal sebagai statin, adalah salah satu golongan obat yang menurunkan kadar kolesterol darah. Statin mengurangi produksi kolesterol oleh hati dengan menghalangi reaksi enzimatik dalam proses sintesis kolesterol.

Kedua praktik gaya hidup sehat serta obat dapat membantu mencegah kadar kolesterol tinggi. Anda dan tim perawatan kesehatan Anda harus bekerja sama untuk memastikan tingkat aktivitas yang sehat dan rencana makan yang dapat mengurangi kemungkinan Anda mendapatkan kolesterol tinggi, atau menurunkan tingkat kolesterol Anda jika sudah meningkat. Beberapa orang juga akan memerlukan obat resep untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar